PTK RAIH 2 GOLDEN TICKET DALAM FORUM CONTINUOUS IMPROVEMENT PROGRAM DIREKTORAT PEMASARAN PT PERTAMINA (PERSERO) 2018

CIPPemasaran2018_1Demi menciptakan inovasi yang dapat diterapkan di lingkungan kerja, PT Pertamina (Persero) memfasilitasi seluruh unit bisnis dan pekerja untuk berkreasi mewujudkan ide-ide yang out of the box demi pengembangan bisnis perusahaan. Salah satu forum yang rutin diadakan tiap tahun adalah forum Continuous Improvement Program (CIP) yang melibatkan sektor hulu, hilir, unit bisnis, dan anak perusahaan.

Semangat yang diusung dalam forum CIP adalah inovasi nyata yang berdampak positif untuk perusahaan, di antaranya dapat berupa percepatan waktu pekerjaan, efisiensi biaya, terlaksananya aspek K3, peningkatan kualitas pekerjaan, hingga peluang menciptakan ide bisnis baru yang dapat meningkatkan laba perusahaan. Tidak hanya berkompetisi, forum CIP adalah satu ajang yang memberi kesempatan insan Pertamina untuk membuka wawasan, saling bertukar ilmu, ide inovasi, dan menciptakan peluang sinergi antar entitas bisnis Pertamina demi mewujudkan operational excellence dan peningkatan profit perusahaan.

Kita tidak semata-mata ingin mencari siapa yang harus masuk kedalam 52 besar, namun kita harus berkumpul besama untuk selalu belajar dan melihat apa yang sudah dilakukan oleh seluruh pekerja agar melalui forum CIP ini seluruh peserta bisa bersaing secara kompetitif. Forum CIP ini sangat membanggakan untuk memberikan nilai kepada bisnis kepada Perusahaan, tentunya dengan menumbuhkan Innovation Culture untuk tahun berikutnya agar semakin baik lagi , ungkap Hasto Wibowo selaku VP SPBD PT Pertamina (Pesero).

Sebagai tahap lanjutan dari Forum CIP tingkat region/anak perusahaan yang telah dilaksanakan pada tahun 2017, Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) melaksanakan Forum Presentasi CIP untuk mengevaluasi gugus mana saja yang akan menjadi perwakilan Direktorat Pemasaran dalam Annual Pertamina Quality Awards (APQA) 2018. Forum CIP tingkat Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Jakarta pada tanggal 31 Januari – 2 Februari 2018. Pada forum tersebut terdapat 80 gugus berpartisipasi menampilkan ide-ide inovatif yang menciptakan value creation di lingkungan kerja masing-masing gugus. Pada ajang ini, PT Pertamina Trans Kontinental diwakili oleh 3 gugus yaitu PC-Prove Kico Dua, PC-Prove SADIS dan PC-Prove Go Green. Dari ketiga gugus perwakilan tersebut, 2 gugus diantaranya berhasil meraih Golden Ticket yaitu PC-Prove Kico Dua dan PC-Prove SADIS. PC-Prove Kico Dua melalui aplikasi Marine Service Agency (MSA) yang membantu Fungsi Marine Service dalam monitoring penagihan pembayaran jasa keagenan kapal. Sedangkan PC-Prove SADIS menampilkan presentasi aplikasi Ship Arrival & Departure Information System (SADIS) yang menyajikan fitur informasi posisi & pelayaran kapal, pemantauan muatan & bahan bakar, serta mencegah terjadinya R2 Loss pada kapal tanker. Kedua gugus ini selanjutnya akan mewakili PTK dalam Annual Pertamina Quality Awards 2018 yang akan diselenggarakan pada 10-14 Maret 2018 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta.

CIPPemasaran2018_2Dapat membangun perspektif seluruh anak perusahaan agar tetap berjalan dengan baik, kita harus melihat bagaimana persaingan, mulai dari operational excellence serta layanan yang dapat kita tingkatkan lagi melalui marketing anak perusahaan yang harus kita dorong agar dapat mencapai target perusahaan. Kalau dibandingkan dari tahun 2016 dan 2017 tahun ini jauh lebih bagus karena reportnya nyata bukan hanya dikertas saja namun sangat menghasilkan potensi bisnis Perusahaan. agar kedepannya kita semua punya semangat yang sama untuk mendapatkan apresiasi dan profit yang maksimal, ujar Muchammad Iskandar Mirza selaku Commercial Director PT Pertamina (Persero).

Insan Mutu Semangat Hebat, Pertamina, Jaya Jaya!

About the Author

Comments are closed.