Ciptakan Generasi Andal Melalui Up skill Kader Posyandu

upskillkaderposyandu1Ibu merupakan salah satu pilar utama dalam menciptakan generasi handal dan berkualitas. Oleh karena itu peranan ibu sangat besar dari mulai memberikan asupan gizi untuk menjaga kesehatan anak hingga pendidikan. Untuk mendukung hal tersebut maka diperlukan  peran kader posyandu untuk mengedukasi para ibu tentang asupan gizi untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Sebagai salah satu kepedulian PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dibidang kesehatan pada tanggal 20 -21 September 2019  diadakan Upskilling kader posyandu tahap II bertempat di Kantor Kelurahan Medan Belawan. Program ini merupakan program lanjutan dari Upskilling kader posyandu tahap I yang sudah dilakukan pada 20-21 September 2018.

Pelatihan kader Posyandu tahap II ini diikuti oleh 20 kader posyandu dari 10 posyandu di Kelurahan Belawan I, Medan. Hadir pada acara tersebut Head off Marine Medan Belawan, Antoni Parlindungan; Kapolsek Medan Belawan, Kompol Saparuddin Tama; Danramil Medan Belawan, Kapt CZI Sugito; Kabtinas Polsek Medan Belawan, Zulkarnain; Babinsa koramil Medan Belawan, Kadis; Camat Medan Belawan, Ahmad ST; Lurah Medan Belawan, Siti Maryam; PLKB Kantor Kecamatan, Suryani serta Manager PTK Cabang Medan Belawan, Achmad Konik serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Camat Medan Belawan, Ahmad ST sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan PTK untuk kader posyandu yang ada di wilayahnya. Ia menga­takan, pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kemajuan kualitas kesehatan di wilayahnya, karena para kader Posyandu merupakan ujung tombak informasi bagi warga sekitarnya, Beliau berharap semoga kegiatan CSR PTK dapat terus dilaksanakan di wilayah Medan Belawan.

Pada kesempatan yang sama Manager PT Pertamina Trans Kontinentral Medan Belawan, Achmad Konik menjelaskan, pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian PTK terhadap kesehatan warga di lingkungan sekitar wilayah kerja PTK. Beliau berharap para kader dapat membagi ilmu dan menularkan semangat sehat di lingkungannya sehingga angka kesehatan di wilayah Medan Belawan dapat meningkat.

upskillkaderposyandu2Kali ini kader posyandu diberikan materi tentang kesehatan reproduksi wanita, cara penyimpanan ASI, kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil, kanker pada wanita, serta makanan pendamping ASI (MPASI). Pada acara ini juga diberikan bantuan peralatan kesehatan untuk posyandu, di antaranya alat pengukur kadar gula darah, tensimeter, phantom gigi, peralatan meja dan kursi untuk di posyandu.

Upskilling kader posyandu tahap II yang dilaksanakan selama 2 hari diakhiri dengan post test yang me-review materi yang diberikan selama pelatihan. Di samping itu juga diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada kader posyandu terbaik. Semoga kegiatan ini dapat memberikan edu­kasi untuk peningkatan kualitas kesehatan masya­rakat sehingga angka kematian balita dan kekurangan gizi balita dapat diturunkan.

 

About the Author

Comments are closed.