Pertamina Trans Kontinental Dengan PT Perta Arun Gas Tingkatkan Kerjasama Dalam Mengelola Pelabuhan Blang Lancang

ttdblanglancangSinergi kerjasama yang dilakukan oleh Pertamina Trans Kontinental dengan  PT Perta Arun Gas dalam mengelola Pelabuhan Blang Lancang telah dibuktikan melalui penandatanganan yang dilakukan di Kantor PTK, pada tanggal (30/5). Suasana penandatanganan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PTK, Giri Santoso dan Direktur Utama PAG,  Teuku Khaidir beserta Jajaran Direksi dan Tim Management PT Perta Arun Gas dan PT Pertamina Trans Kontinental.

Kesempatan yang telah diberikan oleh PAG kepada PTK dalam memenuhi kebutuhan PAG seperti  Pengelolaan Seluruh Fasilitas Pelabuhan (FASPEL) dan Sarana Pelabuhan (SARPEL) serta penyiapan 4 (empat) unit Tug Boat dalam mendukung kegiatan di Pelabuhan Blang Lancang diharapkan dapat semakin terbina dengan baik serta dikembangkan untuk dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak

ttdblanglancang2Diharapkan dalam bulan Ramadhan ini tidak mempengaruhi Kinerja PTK dalam memberikan pelayanan terbaik ke PAG untuk menunjang kegiatan operasional di Pelabuhan blang lancang, Karena PAG memiliki target laba yang cukup tinggi dan  harus dicapai di tahun 2017, untuk itu diharapkan kesiapan sarana dan prasarana sebagai penunjang operasional agar dapat berjalan dengan baik, tegas Dirut PAG Teuku Khaidir. Ditambah dengan sambutan yang diberikan Dirut PTK, Giri Santoso yang menyampaikan bahwa PTK harus memberikan layanan terbaik kepada Customer untuk menjaga efisiensi potensi bisnis PTK.

Dengan adanya kerjasama antara PAG dengan PTK dalam penandatanganan perjanjian pengelolaan pelabuhan Blang Lancang, diharapkan suatu wujud nyata implementasi sinergi antar anak perusahaan pertamina yang bisa saling memperkuat satu sama lain dan dapat menjadikan nilai tambah bagi Induk Perusahaan PT Pertamina (Persero)

SOSIALISASI “FRAUD AWARENESS” DALAM MEMBANGUN PUBLIC TRUST

fraud1Sosialisasi “Fraud Awareness” di PTK  bertempat di Hotel Cordela pada tanggal 23 Mei 2017.  Komitment penanda tanganan anti Fraud/Kecurangan dilakukan oleh Jajaran Direksi, Tim Manajemen, Direktur Anak Perusahaan PTK & Pekerja dilingkungan PTK.

Sosialisasi Fraud Awareness dengan tema Fraud is Disaster dibuka oleh Direktur Utama PTK Giri Santoso, turut hadir Vice President Investigasi & WBS Budi Dermawan, Manager Refineri, Iya Rusdiana dan TIM.

Dalam sosialisasi ini disampaikan tiga materi pemaparan, materi pertama disampaikan oleh Vice President Investigasi & WBS  Budi Dermawan yang menyampaikan tentang pengertian dan bahaya fraud bagi kelangsungan perusahaan. Fraud merupakan tindakan pembiaran yang dirancang untuk mengelabui/menipu/memanipulasi pihak lain agar pihak lain menderita kerugian dan/atau pelaku kecurangan memperoleh keuntungan keuangan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini sangat bertolak belakang dengan budaya perusahaan 6C salah satunya adalah Clean.

Materi Kedua disampaikan oleh Iya Rusdiana Manager Refineri bahwa fraud bisa terjadi karena sudah ada niat dalam diri sendiri untuk melakukan kecurangan untuk kepentingan diri sendiri. Materi ketiga disampaikan oleh Sempurna Sitepu Senior Auditor I Internal Audit JBT & Jatimbalinus, tentang Fraud is Human, jadi Fraud merupakan permasalahan manusia bukan permasalahan sistem

Setelah penyajian Materi dalam kegiatan Sosialisasi Fraud  Awareness, dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup oleh Direktur Utama. Dalam konklusi acara Direktur Utama PTK menyampaikan bahwa pencegahan dan pengendalian Fraud yang dilakukan oleh perusahaan  memerlukan keterlibatan aktif para insan PTK untuk memastikan Fraud dapat dideteksi dan dicegah. Dengan tetap berpedoman pada TARIF (Transparansi, Accountabilty, Responsible, Independent, Fairness) itu dapat diterapkan pada kegiatan kita sehari-hari, agar kita tenang dalam bekerja.

fraud2Diakhir acara dilakukan penanda tanganan Lembar Komitment anti Fraud, Dengan adanya Sosialisasi Fraud Awareness ini diharapkan seluruh Insan PTK mempunyai komitment & mampu menerapkan Komitment Anti Fraud dalam perusahaan.

Dengan adanya Sosialisasi Fraud is Awareness, diharapkan seluruh Jajaran Direksi, Tim Manajemen, Direktur Anak Perusahaan dan Joven PTK,  serta para Pekerja PTK memiliki komitmen baik dan mampu menerapkan tata nilai perusahaan serta menjunjung nilai kredibilitas yang dimiliki pribadi masing-masing agar PTK sebagai maritim solutions dapat semakin berpotensi lebih baik lagi untuk melayani Masyarakat.

PTK Terus Tingkatkan Investasi

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan keel laying atas kapal Small Tanker II 6500 LTDW dengan nama Transko Antasena pada hari Selasa,   9 Mei 2017. Acara  tersebut dilaksanakan di ASL Shipyard, Batam. Hadir pada acara tersebut dari PTK diwakili oleh Direktur Utama, Giri Santoso, Direktur Operasi, Siswoyo dan Tim Managemen PTK. Sementara dari ASL Shipyard dihadiri oleh President Director ASL shipyard Indonesia,  Ang Kok Eng, beserta jajarannya, dan sebagai perwakilan ClassNK Management dihadiri oleh Manager ClassNK Jakarta, Yusihiro Senga, Manager ClassNK Batam, Armyn Rahadi dan ClassNK Surveyor Batam, Ichwan.

keel_laying1Dalam sambutannya Direktur Utama PTK, Giri Santoso menyampaikan rasa syukur karena dapat berkunjung ke Galangan ASL dan mengingatkan agar pembangunan kapal Small Tanker ini dapat diselesaikan dengan tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu sehingga dapat memenuhi kebutuhan operasional PTK maupun pihak pencharter. Sedangkan dari sisi galangan sendiri dapat memenuhi ekspektasi dari Tim Pengadaan Kapal PTK sehingga dapat mempunyai kesempatan untuk menjadi relasi / partner PTK dalam jangka yang panjang (long term).

keel_laying2Keel laying atau peletakan lunas atas kapal merupakan hari dan tanggal kelahiran kapal. Itu artinya, umur kapal akan mulai dihitung sejak keel laying dilaksanakan. Pada pembangunan kapal Small Tanker II 6500 LTDW kali ini PTK bekerjasama dengan  ClassNK untuk mengawasi pembangunan kapal, tujuannya adalah untuk menghasilkan produk kapal berkualitas guna memenuhi spesifikasi dari customer PTK sehingga sesuai dengan visi dan misi PTK untuk menjadi Perusahaan Pelayaran berstandar Internasional. Selain itu juga agar dapat memberikan revenue bagi PTK.

RUPS PTK Tahun Buku 2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) merupakan salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di Industri Pelayaran dan Jasa Maritim. Pada tangal 03 Mei 2017 PTK menggelar RUPS Luar Biasa dan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2016 bertempat di Gedung Utama Lt.15 ruang Rapat Besar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero). RUPS PTK dihadiri Pemegang Saham Mayoritas (PT. Pertamina (Persero)) dan Pemegang Saham Minoritas (PT. Pertamina Training & Consulting), Komisaris, Komite Audit, Komite Investasi, Direksi PTK, Notaris, Subsidiary & Joint Venture Management, Notaris dan Corporate Secretary. Pada kesempatan tersebut, Direksi PTK memaparkan laporan tahunan tahun buku 2016 kepada pemegang saham dan Komisaris PTK, Mulyono membacakan laporan pengawasan Dewan Komisaris selama tahun buku 2016.

rups1Hasil RUPS Luar Biasa bahwa Pemegang Saham menyetujui dan mengesahkan Anggaran Biaya Investasi Tahun 2016-Revisi, Resetting KPI Tahun 2016, dan Restatement Laporan Auditor Independen Tahun 2015. Sedangkan hasil RUPS Tahun Buku 2016 bahwa Pemegang Saham menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2016  Disertai Pemberian Pelunasan dan Pembebasan Tanggung Jawab Sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris,  menyetujui ratifikasi tindakan Sdr. Subagjo Hari Moeljanto yang atas nama Direktur Utama Perseroan, menyetujui Penggunaan Laba Tahun Buku 2016.

 Ditengah dinamika pasar dan kondisi harga minyak yang kurang menggembirakan pada tahun 2016, PTK terus berusaha maju dan berkembang, hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan PTK membukukan laba bersih sebesar Rp. 163,08 M dan di bidang operation PTK mampu mengurangi  R2 Losses menjadi -0,02% lebih baik dari rata-rata industry sebesar -0,09 selain itu PTK juga berhasil meningkatkan total asset sebesar 21,62% menjadi Rp 3,4 triliun serta pendapatan usaha yang mencapai Rp 1,7 triliun dan penambahan 6 kapal milik di sepanjang tahun 2016 dengan Total Recordable Incident Rate (TRIR) 0,99.

rups2Pada kesempatan tersebut Pemegang Saham menyampaikan harapannya agar PTK dapat lebih meningkatkan performance, meningkatkan sinergi dengan AP Pertamina lainnya, dan melakukan diversifikasi bisnis serta perluasan pasar.

Farewell Komisaris, Direksi dan Tim Manajemen PTK

Sebagai ucapan terima kasih PT Pertamina Trans Kontinental kepada Komisaris, Direksi dan Tim Manajemen PTK atas pengabdian dan kinerja selama di PTK, pada tanggal 28 April 2017 diadakan acara Farewell yang dilaksanakan di Hotel Luwansa Jakarta. Acara farewell ini dilaksanakan dengan suasana kebahagiaan dan kebersamaan, dengan dihadiri Direksi dan Tim Manajemen PTK, Direktur Anak Perusahaan PTK, Manager Cabang PTK, Mantan Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto, Mantan Deputy Director Commercial, Darius Darwis dan Mantan VP HR & GA, Didik Sudiono.

farewel1Direktur Utama, Giri Santoso menyampaikan bahwa beliau beruntung dapat bergabung dengan PTK dan sangat mengharapkan kerja sama yang baik dengan seluruh Jajaran Direksi dan Tim Manajemen Anak Perusahaan serta seluruh Pekerja di PTK karena beliau sangat yakin dengan kerja sama yang baik maka seluruh kegiatan Perusahaan dapat berjalan dengan maksimal apalagi dengan adanya core business PTK yang semakin meningkat. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Mantan Direktur Utama, Subagjo Hari Moeljanto yang menghimbau agar seluruh Jajaran Direksi Anak Perusahaan dan Tim Manajemen PTK tetap semangat sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik kepada PTK mengingat Potensi bisnis PTK yang semakin berkembang lebih maju sehingga semakin dapat mengembangkan bisnis Perusahaan.        

farewel2Kemeriahan Acara Farewell ini pun semakin lengkap dengan adanya pemberian Cinderamata dari PTK, Anak Perusahaan dan Cabang PTK kepada Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto, Deputy Director Commercial, Darius Darwis dan Mantan VP HR & GA, Didik Sudiono. Dengan keberlangsungan Farewell Komisaris dan Direksi PTK 2017 diharapkan dapat menjadi salah satu wadah silahturahmi yang baik antar sesama Jajaran Direksi dan  Tim Manajemen di Pertamina Trans Kontinental.