PTK PEDULI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menjadi bagian Pendidikan Nasional Indonesia menjadi sangat penting bagi peletakan dasar pendidikan anak. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses pendidikan selanjutnya. Demikian juga keberhasilan penyelenggara pendidikan pada lembaga pendidikan anak usia dini seperti kelompok bermain sangat tergantung pada system dan proses pendidikan yang dijalankan.

pedulidiniPTK melalui program CSR bidang pendidikan pada tanggal 28 November 2016 telah menyerahkan bantuan sarana pembelajaran kepada PAUD Kuntum Melati dan PAUD Melati di lingkungan Kecamatan Senen. Penyerahan bantuan ini diserahkan oleh Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede kepada pengurus PAUD Kuntum Melati dan PAUD Melati.

Walikota Jakarta Pusat menyampaikan terima kasih atas perhatian PTK untuk bidang pendidikan dan beliau berpesan kepada pengurus PAUD agar dapat memanfaatkan bantuan sarana pendidikan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan anak – anak.

Bantuan CSR yang diberikan merupakan bentuk kepedulian PTK di bidang pendidikan untuk masyarakat di lingkungan Kecamatan Senen. PTK memberikan bantuan sarana pembelajaran berupa APE (Alat Permainan Edukatif), buku – buku bacaan, media pembelajaran audio visual, dll.

pedulidini2Tujuan pemberian bantuan sarana pembelajaran PAUD yaitu menyediakan layanan pendidikan dengan mengoptimalkan pertumbuhan anak usia 0 – 6 tahun, melaksanakan pembelajaran yang nyaman pada anak, dan memberikan kegiatan pembelajaran yang mengoptimalkan proses berkembangnya potensi anak.

Semoga pemberian bantuan ini dapat membantu meningkatkan pendidikan anak – anak di sekitar Kecamatan Senen – Jakarta Pusat melalui kenyamanan dalam proses belajar melalui sarana pembelajaran yang dapat menunjang proses kegiatan belajar.

Sinergi PTK dan PAG Penyediaan Armada Kapal

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) kembali men¬jalin kerja sama dengan PT Perta Arun Gas (PAG) untuk Penyediaan 4 Unit armada kapal jenis Harbour Tug di Terminal Blang Lancang, Lhokseumawe, Aceh Utara. Penandatanganan perjanjian ditandatangani oleh Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto dan President Director PAG, Teuku Khaidir di Kantor Perta Arun Gas, Gedung Patra Jasa, Jumat (25/11).

pagdanptk1“Ini adalah sinergi yang kedua kalinya dilakukan oleh PTK dan PAG. Sebelumnya PTK telah bekerja sama dengan PAG untuk Pengelolaan Pelabuhan Terminal Blang Lancang pada Januari 2015 lalu. Terima kasih atas kepercayaan PAG kepada PTK untuk tetap mengelola Terminal Blang Lancang dan kami berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan dalam kegiatan pengelolaan Terminal Blang Lancang” ucap Subagjo.

Dalam kerja sama kali ini PTK akan menyediakan 4 (empat) Harbour Tug untuk pengelolaan Terminal Blang Lancang dan untuk kepentingan sandar lepas kapal LNG di pelabuhan. PTK akan menunjang kegiatan usaha PT Perta Arun Gas di Terminal Blang Lancang dan kerja sama ini dilaksanakan dengan jangka waktu 15 (lima belas) tahun.

Empat Harbour Tug tersebut terdiri dari; 2 (dua) unit kapal Harbour Tug ukuran 4000 HP, 1 unit kapal Harbour Tug ukuran 5000 HP dan penyediaan 1 unit Harbour Tug dual fuel (Solar dan LNG fuel) 5000 HP yang akan siap mulai beroperasi pada tanggal 1 Maret 2019 . Dimana hal ini bisa diharapkan lebih ramah lingkungan dan ini sebagai upaya kita meningkatkan perhatian terhadap lingkungan karena LNG adalah bahan bakar yang bersih.

pagdanptk2Subagjo mengatakan melalui “Strengthening & Collaboration” dimana mengutamakan kekuatan armada dan SDM yang dimiliki PTK untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Perusahaan di lingkungan Pertamina Group dan Perusahaan lainnya. PTK berusaha mencari dan mendapatkan peluang – peluang bisnis yang dapat menunjang kontribusi ke induk demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Teuku Khaidir meyakini PTK dapat menjalankan tugas ini dengan baik karena PTK telah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis perkapalan dan jasa maritim. Kerjasama ini merupakan kelanjutan dan peningkatan dalam pengelolaan terminal Blang Lancang.

“Performance PTK juga lebih baik dari pesaing lainnya dan harga yang ditawarkan pun sangat kompetitif sehingga inilah menjadi alasan PAG memilih PTK untuk bekerjasama. ungkapnya. Ini adalah kerjasama yang menguntungkan keduabelah pihak dan tentunya hasil kerjasama PAG dan PTK ini juga berdampak positif terhadap Pertamina,” ungkapnya.

PTK Mendukung Program Quality Management

 

komet2016_1Pada tanggal 6 Oktober 2016, bertempat di Ruang Serba Guna Lt. 4, Gedung PTK Pusat Fungsi SPBD PTK melaksanakan Forum Knowledge Management (KOMET) internal yang kedua di tahun 2016. Pelaksanaan KOMET ini merupakan salah satu komitmen PTK untuk berbagi aset pengetahuan / intelektual dari setiap narasumber atas pencapaian kinerja Perusahaan dalam menjalankan proses bisnis. Untuk KOMET kali ini, keynote speaker beserta narasumber roundtable berasal dari Kantor Pusat, Anak Perusahaan dan Cabang PTK.

Hadir serta memberikan sambutan pada kegiatan tersebut Direktur Utama PTK Subagjo Hari Moeljanto didampingi Direktur Operasi Siswoyo, Direktur Pemasaran Budhi Busama, Direktur Keuangan & SDM PTK Sjahril Rachmad Atas, Manager SPBD Ario Fajariawan serta Tim Manajemen PTK. Dalam sambutannya Direktur Utama PTK menyampaikan bahwa sharing knowledge management agar dilakukan oleh seluruh pekerja PTK untuk meningkatkan quality management di PTK dan diharapkan seluruh pekerja dapat saling berbagi ilmu pengetahuan yang dimiliki dan dibagikan kepada orang lain agar ilmu tersebut dapat terus dimanfaatkan. Dalam suatu organisasi perusahaan diperlukan sharing knowledge dari senior-senior yang ahli dibidangnya agar ilmu tersebut dapat terus bermanfaat. Acara tersebut dihadiri juga oleh Veronica dari Fungsi Quality Management M&T Pertamina (Persero), sebagai perwakilan dari PT Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran.

Dalam Forum Komet kali ini, ada 6 Aset pengetahuan yang di-share oleh narasumber kepada pekerja PTK khususnya pekerja yang berada di Jakarta, selain itu hadir pula dalam Forum KOMET tersebut beberapa pekerja dari PTK Cabang Tg Priok, PT Peteka Karya Gapura, PT Peteka Karya Jala dan PT Trans Yeong Maritime .

komet2016_2Sebagai Keynote Speaker yang pertama pada Forum KOMET adalah Manager Vessel Operation Rudi Sigit mengangkat tema Mengurangi Losses Transportasi Laut melalui Standarisasi Alat-alat Ukur Minyak diatas Kapal dan Keynote Speaker kedua Manager Technical Fleet Ary Zahar mengangkat tema Pembangunan Fleet Monitoring System Berbasis TV Media dan Android di Kapal Milik PT Pertamina Trans Kontinental. Sedangkan untuk Narasumber roundtable adalah Asisten Manager IT Ngesti Andik dengan judul Peningkatan Layanan ICT Melalui Implementasi Video Conference di Korporat PTK,  Asisten Manager Contracts & Litigation Prasetyo Kristanto dengan judul Percepatan dan Peningkatan Efektifitas Proses Review Perjanjian Melalui Aplikasi E-Contract di PTK, Asisten Contracts & Litigation Dhief F Ramadhani dengan judul Mitigasi Risiko dan Percepatan Proses Pembuatan Kontrak Melalui Standarisasi Kontrak Baku di PTK dan Operasional Angkutan COA Ari Kuswanto dengan judul Peningkatan Performance Perusahaan Dengan Meminimalisasi Losses Transport Loss (R2) Kapal Angkut COA Yang Beroperasi di PTK Cabang Dumai.

komet2016_4Dengan Forum KOMET diharapkan dapat memberikan perubahan yang lebih baik dan sharing knowledge yang dilakukan dapat menghasilkan suatu ilmu komet2016_3atau inovasi serta mencegah terjadinya pengulangan kesalahan dalam pekerjaan dan keseharian demi kemajuan perusahaan. Karena itu implementasi KOMET harus dipandang sebagai alat bantu untuk penyelesaian  masalah.

 

PTK MENDUKUNG PENINGKATAN GENERASI SEHAT

Peningkatan kesehatan ibu, bayi dan balita merupakan tujuan Millenium Development Goal’s (MDG’s). Untuk mendukung tujuan tersebut PT Pertamina Trans Kontinental melalui Corporate Social Responsibility bidang kesehatan telah melaksanakan Upskill Kader Posyandu dengan tema “Optimalisasi Peran Kader Posyandu Dalam Meningkatkan Generasi Sehat”. Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan para kader; menekan angka kesakitan dan kematian ibu, bayi dan balita; membantu program pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat; meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan sesuai dengan kebutuhan di lingkungan masing – masing.

peningkatan_kesehatan1Upskill kader posyandu dilaksanakan di Ciwandan pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2016 dihadiri dan dibuka oleh Camat Ciwandan, H. AH. Junaedi HS, S.Pd, MM, Manager Usaha PT Peteka Karya Tirta, Ben Sudirman, Dokter dan Tim Bidan dari Rumah Sakit Pertamina Jaya. Kegiatan ini diikuti oleh 20 kader posyandu dari lingkungan kecamatan Ciwandan.

Selain di Ciwandan, PTK juga menyelenggarakan kegiatan upskill kader posyandu di PTK Cabang Cilacap pada tanggal 19 dan 20 September 2016 dihadiri dan dibuka oleh Camat Cilacap Selatan, Drs. Agung Widodo, M.Si, Lurah Cilacap, Joko Priatno,S.Sos, Kepala Puskesmas Cilacap Selatan II, dr. Reza, Babinsa, Bripka Abdillah, Manager PR & Adm, Komaruddin, Manager PTK Cabang Cilacap, Rio Makhdevis, Dokter dan Tim Bidan dari Rumah Sakit Pertamina Cirebon. Kegiatan ini diikuti oleh 20 kader posyandu dari lingkungan kecamatan Cilacap Selatan.

peningkatan_kesehatan2Kegiatan CSR bidang kesehatan ini merupakan bentuk sinergi PTK dengan PT Pertamina Bina Medika melalui Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Rumah Sakit Pertamina Cirebon. Sinergi sesama Anak Perusahaan Pertamina ini diharapkan mendukung program CSR Pertamina Sehat.

Selama dua hari, kader posyandu mendapatkan materi tentang kesehatan ibu hamil, teori dan praktek gizi seimbang bayi dan balita, pemberian ASI dan manfaat IMD, obat tradisional, teori dan praktek senam hamil, tumbuh kembang, teori dan praktek pijat bayi. Diakhir kegiatan, seluruh kader posyandu mengikuti uji kompetensi teori yang dipraktekkan. Sebagai bentuk apresiasi PTK kepada kader posyandu yang mengikuti kegiatan tersebut diberikan paket perlengkapan penyuluhan posyandu (timbangan bayi, phantom mammae, pengukur tinggi badan, phantom boneka bayi, poster (pijat bayi, senam hamil, gizi seimbang), matras. Semoga dengan diberikannya pelatihan upskill kepada para kader posyandu di lingkungan wilayah kerja PTK dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan keluarga Indonesia dan memberikan ilmu pengetahuan bagi para peserta pelatihan sehingga tidak hanya bermanfaat bagi peserta tetapi juga kepada kelompok posyandu dan lingkungannya.