HUT PT. PETEKA KARYA TIRTA KE – 30 TAHUN

hutpkt1PT. Peteka Karya Tirta (PKT) merayakan hari jadinya yang ke-30 pada tanggal 21 Januari 2018 sebagai rangkaian perayaan hari jadinya tersebut PKT menyelengarakan beberapa acara yaitu pemberian bantuan CSR berupa penanaman pohon jenis buah-buahan kepada Prokarling ( Progam kampung ramah lingkungan Kelurahan Randakari) pada Jumat, 19 Januari 2018. Dalam kesempatan tersebut Direktur & Manajemen PKT menyerahkan bantuan secara simbolis dengan menanam 1 buah pohon dan pemberian bibit pohon buah yang akan ditanam diwarga sekitar, atas pemberian bantuan tersebut ketua Prokarling memberikan piagam kepada PKT sebagai bentuk partisipasi selain itu juga PKT memasang gapura di wilayah kampung tersebut dengan memanfaatkan pipa bekas sumur bor milik PKT, masih di hari yang sama pada sore harinya bertempat di aula kantor PKT diadakan Pengajian yang diisi dengan Tausiah yang disampaikan oleh KH. Nurjaman dan pemberian santunan kepada 30 anak yatim piatu dan anak tidak mampu disekitar lokasi kerja PKT.

Pada tanggal 23 Januari 2018 diselengarakan acara kedinasan dilokasi sumur bor lama yang bertema ” Dengan HUT ke-30 bersama kita membangun masa depan PT. Peteka Karya Tirta yang lebih baik” hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama PTK, Dewan Komisaris PTK, Coorporate Secretary PTK, VP Finance PTK, para Direktur AP PTK, Manager Cabang PTK Tanjung Priok, mantan Direktur PKT, pensiunan PKT serta para tamu undangan yaitu para pelanggan, rekanan, tokoh Masyarakat dan intansi pemerintah. Acara Dibuka dengan sambutan oleh Direktur PKT kemudian dilanjutkan dengan sambutan Komisaris Utama PKT dan Direktur Utama PTK setelah itu dilakukan pemotongan tumpeng, pelepasan balon serta pemberian penghargaan kepada 2 (Dua) pelanggan terbaik yaitu PT. Sentra Usahatama Jaya dan PT. Jawamanis Rafinasi, selain itu juga dilakukan pemberian pengahargaan kepada pekerja yang berulang tahun dinas acara ditutup dengan hiburan dan pemberian doorprize untuk Pekerja PKT. Dalam kesempatan yang sama Pemegang Saham dan Komisaris PKT serta Direktur AP juga menyempatkan untuk meninjau lokasi area sumur bor dan kantor PKT.
hutpkt2Pada acara puncak perayaan HUT PKT pada tanggal 28-29 Januari 2018 PKT menyelengarakan family gathering seluruh pekerja kantor pusat PKT ke Ciater dan floating market Bandung acara tersebut diisi dengan games yang dikemas dengan program menyenangkan sekaligus memberikan pembekalan team building.

PTK RAIH 2 GOLDEN TICKET DALAM FORUM CONTINUOUS IMPROVEMENT PROGRAM DIREKTORAT PEMASARAN PT PERTAMINA (PERSERO) 2018

CIPPemasaran2018_1Demi menciptakan inovasi yang dapat diterapkan di lingkungan kerja, PT Pertamina (Persero) memfasilitasi seluruh unit bisnis dan pekerja untuk berkreasi mewujudkan ide-ide yang out of the box demi pengembangan bisnis perusahaan. Salah satu forum yang rutin diadakan tiap tahun adalah forum Continuous Improvement Program (CIP) yang melibatkan sektor hulu, hilir, unit bisnis, dan anak perusahaan.

Semangat yang diusung dalam forum CIP adalah inovasi nyata yang berdampak positif untuk perusahaan, di antaranya dapat berupa percepatan waktu pekerjaan, efisiensi biaya, terlaksananya aspek K3, peningkatan kualitas pekerjaan, hingga peluang menciptakan ide bisnis baru yang dapat meningkatkan laba perusahaan. Tidak hanya berkompetisi, forum CIP adalah satu ajang yang memberi kesempatan insan Pertamina untuk membuka wawasan, saling bertukar ilmu, ide inovasi, dan menciptakan peluang sinergi antar entitas bisnis Pertamina demi mewujudkan operational excellence dan peningkatan profit perusahaan.

Kita tidak semata-mata ingin mencari siapa yang harus masuk kedalam 52 besar, namun kita harus berkumpul besama untuk selalu belajar dan melihat apa yang sudah dilakukan oleh seluruh pekerja agar melalui forum CIP ini seluruh peserta bisa bersaing secara kompetitif. Forum CIP ini sangat membanggakan untuk memberikan nilai kepada bisnis kepada Perusahaan, tentunya dengan menumbuhkan Innovation Culture untuk tahun berikutnya agar semakin baik lagi , ungkap Hasto Wibowo selaku VP SPBD PT Pertamina (Pesero).

Sebagai tahap lanjutan dari Forum CIP tingkat region/anak perusahaan yang telah dilaksanakan pada tahun 2017, Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) melaksanakan Forum Presentasi CIP untuk mengevaluasi gugus mana saja yang akan menjadi perwakilan Direktorat Pemasaran dalam Annual Pertamina Quality Awards (APQA) 2018. Forum CIP tingkat Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Jakarta pada tanggal 31 Januari – 2 Februari 2018. Pada forum tersebut terdapat 80 gugus berpartisipasi menampilkan ide-ide inovatif yang menciptakan value creation di lingkungan kerja masing-masing gugus. Pada ajang ini, PT Pertamina Trans Kontinental diwakili oleh 3 gugus yaitu PC-Prove Kico Dua, PC-Prove SADIS dan PC-Prove Go Green. Dari ketiga gugus perwakilan tersebut, 2 gugus diantaranya berhasil meraih Golden Ticket yaitu PC-Prove Kico Dua dan PC-Prove SADIS. PC-Prove Kico Dua melalui aplikasi Marine Service Agency (MSA) yang membantu Fungsi Marine Service dalam monitoring penagihan pembayaran jasa keagenan kapal. Sedangkan PC-Prove SADIS menampilkan presentasi aplikasi Ship Arrival & Departure Information System (SADIS) yang menyajikan fitur informasi posisi & pelayaran kapal, pemantauan muatan & bahan bakar, serta mencegah terjadinya R2 Loss pada kapal tanker. Kedua gugus ini selanjutnya akan mewakili PTK dalam Annual Pertamina Quality Awards 2018 yang akan diselenggarakan pada 10-14 Maret 2018 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta.

CIPPemasaran2018_2Dapat membangun perspektif seluruh anak perusahaan agar tetap berjalan dengan baik, kita harus melihat bagaimana persaingan, mulai dari operational excellence serta layanan yang dapat kita tingkatkan lagi melalui marketing anak perusahaan yang harus kita dorong agar dapat mencapai target perusahaan. Kalau dibandingkan dari tahun 2016 dan 2017 tahun ini jauh lebih bagus karena reportnya nyata bukan hanya dikertas saja namun sangat menghasilkan potensi bisnis Perusahaan. agar kedepannya kita semua punya semangat yang sama untuk mendapatkan apresiasi dan profit yang maksimal, ujar Muchammad Iskandar Mirza selaku Commercial Director PT Pertamina (Persero).

Insan Mutu Semangat Hebat, Pertamina, Jaya Jaya!

Challenge Session Program Kerja dan Target 2018

CS1Sebagai upaya untuk mencapai target kinerja tahun 2018, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melaksanakan Challenge Session Program Kerja dan Target tahun 2018 yang dilaksanakan pada Senin, 29 Januari 2018 bertempat di Aula lantai 4 Kantor Pusat PTK.

Acara yang dihadiri oleh Direksi, Tim managemen, seluruh manager kantor pusat dan manager kantor cabang PTK tersebut bertujuan untuk men-challenge program kerja dan target tahun 2018 operasional maupun komersial. Hasil Challenge Session  untuk operasional meliputi average commission Days, Durasi Docking, Cost Percomm days kapal, R2 loss, NOA & TRIR, Percepatan Penyelesaian Piutang, GCG dan Realisasi Investasi sedangkan dari komersial ditetapkan laba bersih konsolidasi. Masih pada hari yang sama setelah Challenge Session Program Kerja dan Target tahun 2018 acara dilanjutkan dengan Challenge Session Program Strategic Initiative 2018, pada acara tersebut dipaparkan mengenai strategic initiative masing-masing fungsi dan Anak Perusahaan PTK. Target dari Strategic Initiative 2018 untuk penghematan dan pencapaian Laba bersih.

CS2Dengan tantangan yang cukup besar di tahun 2018, maka semua pekerja PTK perlu membangun kerja sama, semangat sinergitas, dan motivasi yang tinggi, sehingga diharapkan target RKAP 2018 dapat tercapai.

Peduli Sesama melalui CSR Donor Darah

donor1Salah satu program CSR PTK bidang kesehatan, yakni melakukan kegiatan donor darah sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada sesama. Bertempat di Ruang Serba Guna Lt. IV Gedung PTK Pusat, pada tanggal 27 Desember 2017 dilaksanakan donor darah.
PTK bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Jakarta Pusat memfasilitasi kegiatan ini. Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu wujud nyata dari para pekerja PTK serta Pertamina Grup (Patra Niaga, PDSI) yang turut berpartisipasi aktif untuk memberikan setiap tetesan darahnya guna menolong sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Dalam kesempatan ini turut berpartisipasi Direktur Operasi PTK, Siswoyo; Corporate Secretary, Dwi Indra Kuntoadji; Head of Internal Audit, Triana Aria Rini; VP Operasi, Joko Pramono; Direktur PKT, Musirini.
donor2Pada kegiatan Donor darah Tahun 2017 ini PMI berhasil mendapatkan sebanyak 93 kantong darah dari peserta yang mendaftar sebanyak 113 orang, namun karena PMI sendiri memiliki beberapa persyaratan kondisi darah calon pendonor, tidak semua pendonor dapat diambil darahnya.
Kegiatan donor darah ini diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Perusahaan yang diwakili oleh Corporate Secretary, Dwi Indra Kuntoadji kepada perwakilan PMI Jakarta Pusat. Semoga kegiatan donor darah ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan setiap tahunnya dan kegiatan donor ini dapat membantu sesama yang membutuhkan.