PTK Terus Tingkatkan Investasi

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) melakukan keel laying atas kapal Small Tanker II 6500 LTDW dengan nama Transko Antasena pada hari Selasa,   9 Mei 2017. Acara  tersebut dilaksanakan di ASL Shipyard, Batam. Hadir pada acara tersebut dari PTK diwakili oleh Direktur Utama, Giri Santoso, Direktur Operasi, Siswoyo dan Tim Managemen PTK. Sementara dari ASL Shipyard dihadiri oleh President Director ASL shipyard Indonesia,  Ang Kok Eng, beserta jajarannya, dan sebagai perwakilan ClassNK Management dihadiri oleh Manager ClassNK Jakarta, Yusihiro Senga, Manager ClassNK Batam, Armyn Rahadi dan ClassNK Surveyor Batam, Ichwan.

keel_laying1Dalam sambutannya Direktur Utama PTK, Giri Santoso menyampaikan rasa syukur karena dapat berkunjung ke Galangan ASL dan mengingatkan agar pembangunan kapal Small Tanker ini dapat diselesaikan dengan tepat mutu, tepat biaya dan tepat waktu sehingga dapat memenuhi kebutuhan operasional PTK maupun pihak pencharter. Sedangkan dari sisi galangan sendiri dapat memenuhi ekspektasi dari Tim Pengadaan Kapal PTK sehingga dapat mempunyai kesempatan untuk menjadi relasi / partner PTK dalam jangka yang panjang (long term).

keel_laying2Keel laying atau peletakan lunas atas kapal merupakan hari dan tanggal kelahiran kapal. Itu artinya, umur kapal akan mulai dihitung sejak keel laying dilaksanakan. Pada pembangunan kapal Small Tanker II 6500 LTDW kali ini PTK bekerjasama dengan  ClassNK untuk mengawasi pembangunan kapal, tujuannya adalah untuk menghasilkan produk kapal berkualitas guna memenuhi spesifikasi dari customer PTK sehingga sesuai dengan visi dan misi PTK untuk menjadi Perusahaan Pelayaran berstandar Internasional. Selain itu juga agar dapat memberikan revenue bagi PTK.

RUPS PTK Tahun Buku 2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) merupakan salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di Industri Pelayaran dan Jasa Maritim. Pada tangal 03 Mei 2017 PTK menggelar RUPS Luar Biasa dan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2016 bertempat di Gedung Utama Lt.15 ruang Rapat Besar Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero). RUPS PTK dihadiri Pemegang Saham Mayoritas (PT. Pertamina (Persero)) dan Pemegang Saham Minoritas (PT. Pertamina Training & Consulting), Komisaris, Komite Audit, Komite Investasi, Direksi PTK, Notaris, Subsidiary & Joint Venture Management, Notaris dan Corporate Secretary. Pada kesempatan tersebut, Direksi PTK memaparkan laporan tahunan tahun buku 2016 kepada pemegang saham dan Komisaris PTK, Mulyono membacakan laporan pengawasan Dewan Komisaris selama tahun buku 2016.

rups1Hasil RUPS Luar Biasa bahwa Pemegang Saham menyetujui dan mengesahkan Anggaran Biaya Investasi Tahun 2016-Revisi, Resetting KPI Tahun 2016, dan Restatement Laporan Auditor Independen Tahun 2015. Sedangkan hasil RUPS Tahun Buku 2016 bahwa Pemegang Saham menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahun Buku 2016  Disertai Pemberian Pelunasan dan Pembebasan Tanggung Jawab Sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris,  menyetujui ratifikasi tindakan Sdr. Subagjo Hari Moeljanto yang atas nama Direktur Utama Perseroan, menyetujui Penggunaan Laba Tahun Buku 2016.

 Ditengah dinamika pasar dan kondisi harga minyak yang kurang menggembirakan pada tahun 2016, PTK terus berusaha maju dan berkembang, hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan PTK membukukan laba bersih sebesar Rp. 163,08 M dan di bidang operation PTK mampu mengurangi  R2 Losses menjadi -0,02% lebih baik dari rata-rata industry sebesar -0,09 selain itu PTK juga berhasil meningkatkan total asset sebesar 21,62% menjadi Rp 3,4 triliun serta pendapatan usaha yang mencapai Rp 1,7 triliun dan penambahan 6 kapal milik di sepanjang tahun 2016 dengan Total Recordable Incident Rate (TRIR) 0,99.

rups2Pada kesempatan tersebut Pemegang Saham menyampaikan harapannya agar PTK dapat lebih meningkatkan performance, meningkatkan sinergi dengan AP Pertamina lainnya, dan melakukan diversifikasi bisnis serta perluasan pasar.

Farewell Komisaris, Direksi dan Tim Manajemen PTK

Sebagai ucapan terima kasih PT Pertamina Trans Kontinental kepada Komisaris, Direksi dan Tim Manajemen PTK atas pengabdian dan kinerja selama di PTK, pada tanggal 28 April 2017 diadakan acara Farewell yang dilaksanakan di Hotel Luwansa Jakarta. Acara farewell ini dilaksanakan dengan suasana kebahagiaan dan kebersamaan, dengan dihadiri Direksi dan Tim Manajemen PTK, Direktur Anak Perusahaan PTK, Manager Cabang PTK, Mantan Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto, Mantan Deputy Director Commercial, Darius Darwis dan Mantan VP HR & GA, Didik Sudiono.

farewel1Direktur Utama, Giri Santoso menyampaikan bahwa beliau beruntung dapat bergabung dengan PTK dan sangat mengharapkan kerja sama yang baik dengan seluruh Jajaran Direksi dan Tim Manajemen Anak Perusahaan serta seluruh Pekerja di PTK karena beliau sangat yakin dengan kerja sama yang baik maka seluruh kegiatan Perusahaan dapat berjalan dengan maksimal apalagi dengan adanya core business PTK yang semakin meningkat. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Mantan Direktur Utama, Subagjo Hari Moeljanto yang menghimbau agar seluruh Jajaran Direksi Anak Perusahaan dan Tim Manajemen PTK tetap semangat sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik kepada PTK mengingat Potensi bisnis PTK yang semakin berkembang lebih maju sehingga semakin dapat mengembangkan bisnis Perusahaan.        

farewel2Kemeriahan Acara Farewell ini pun semakin lengkap dengan adanya pemberian Cinderamata dari PTK, Anak Perusahaan dan Cabang PTK kepada Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto, Deputy Director Commercial, Darius Darwis dan Mantan VP HR & GA, Didik Sudiono. Dengan keberlangsungan Farewell Komisaris dan Direksi PTK 2017 diharapkan dapat menjadi salah satu wadah silahturahmi yang baik antar sesama Jajaran Direksi dan  Tim Manajemen di Pertamina Trans Kontinental.

Keel Laying Kapal White Oil Tanker 6500 LTDW

KeellayingWhiteOilTankerPada hari Jumat 10 Februari 2017, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) secara resmi telah melakukan proses Keel Laying untuk Kapal White Oil Tanker 6500 LTDW yang dibangun di galangan PT Batamec di Batam dengan Hull Number H7109. Keel Laying sendiri merupakan proses awal dari pembangunan kapal baru, dimana proses ini bersifat simbolik dan dianggap sebagai hari kelahiran kapal. Hari kelahiran kapal merupakan tanggal penting dalam proses pembangunan kapal baru, karena umumnya diberlakukan atau tidaknya suatu regulasi baru akan mengacu kepada hari kelahiran kapal.

KeellayingWhiteOilTanker2Acara Keel Laying secara simbolis ditandai dengan pengelasan pada badan kapal yang dilakukan oleh Direktur Operasi PTK, Siswoyo, VP Batamec, Heronimus dan Country Manager Class NK Indonesia, Mamoru Matsuo. Usai pengelasan  acara dilanjutkan dengan penandatanganan Keel Laying Certificate yang merupakan acara inti dari keseluruhan prosesi Keel Laying ini. Keel Laying Certificate ditandatangani oleh pihak Batamec, pihak Class NK dan KANPEL Batam.

Diharapkan proses pembangunan kapal White Oil Tanker 6500 LTDW ini dapat diselesaikan tepat waktu dan segera diserahterimakan kepada PTK dengan kualitas yang sesuai spesifikasi dan regulasi.

TIM PC PROVE RT 5 RAIH GOLD DI CIP DIREKTORAT PEMASARAN

PT Pertamina Trans Kontinental pada tanggal 6-8 Februari 2017 mengikuti Continuous Improvement Program (CIP) tingkat Direktorat Pemasaran PT Pertamina (Persero) yang diselenggarakan di Solo. CIP Merupakan program Quality Management dalam rangka meningkatkan inovasi kreatif dan produktifitas pekerja dan juga sebagai forum apresiasi terhadap ide inovasi.

CIPPemasaran2017Pada forum CIP yang bertemakan Ciptakan Kreasi dan Inovasi Jitu dalam Memenangkan Persaingan, PTK mengirimkan 3 (tiga) gugus yakni PC Prove RT 5, PC Prove Krispi, dan I Prove Tax Team. Dari 3 gugus yang mengikuti CIP tersebut PTK berhasil memperoleh satu gold.

Forum CIP Direktorat Pemasaran ini dihadiri oleh jajaran Management Direktorat Pemasaran serta Anak Perusahaan Pemasaran dan VP QSKM, Faisal Yusra yang memberikan sesi motivasi untuk memberikan semangat bagi para insan mutu. Forum yang dilaksanakan dengan tujuan memilih gugus-gugus yang akan mewakili Direktorat Pemasaran dalam Forum Presentasi CIP Annual Pertamina Quality (APQ) Awards pada bulan Maret 2017.

Dukungan dan doa dari seluruh Direksi, Tim Management dan seluruh pekerja sangat diharapkan. Semoga Tim PC Prove RT 5 dapat membawa nama baik PTK diajang APQ Award 2017. Bravo Tim PC Prove RT 5 .