Gambaran Umum

Good Corporate Governance (GCG) merupakan upaya aktif PTK dalam mempertahankan keseimbangan antara tujuan individual dengan tujuan Perseroan. Oleh karena itu, PTK senantiasa mengimplementasikan GCG yang sejalan dengan bisnis Perseroan sebagai sarana guna mengarahkan dan mengendalikan Perseroan untuk mencapai keseimbangan bisnis serta memberikan pertanggungjawaban yang komprehensif kepada seluruh pemangku kepentingan.

Dalam praktiknya, PTK menjalankan sistem GCG yang terintegrasi dengan pemenuhan standar pengelolaan kepatuhan, manajemen risiko, kelengkapan seluruh struktur GCG Perseroan dan implementasi sistem pengendalian internal yang dilaksanakan berdasarkan pemahaman yang sejalan dengan pengelolaan kinerja Perseroan.

 

Prinsip GCG PTK

Dalam Implementasi GCG, PTK telah berhasil memeroleh hasil yang memuaskan dan terbukti memberikan kontribusi positif dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan kebijakan seluruh kegiatan usaha Perseroan. Implementasi GCG Perseroan senantiasa dilandaskan pada prinsip-prinsip GCG dengan semangat transparansi, tanggung jawab, dan terpercaya. Adapun, prinsip-prinsip tersebut adalah:

  1. Transparency adalah keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan, dan informasi materil serta relevan mengenai perusahaan. Hal ini terimplementasi dengan sistem tranparansi PTK dalam mengungkapan laporan keuangan maupun manajemen.
  1. Accountability merupakan prinsip mengutamakan kejelasan fungsi dan pertanggungjawaban kinerja perusahaan sehingga pengelolaan perusahaan berjalan secara efektif dan dapat dipercaya.
  1. Responsibility merupakan semangat perusahaan dalam mengupayakan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan dan undang-undang pemerintah yang dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan tekanan dari pihak lain.
  1. Independency merupakan semangat perusahaan untuk mengelola Perusahaan secara profesional tanpa benturan kepentingan dan tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
  1. Fairness adalah keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak stakeholdersyang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penerapan prinsip-prinsip GCG merupakan satu langkah PTK untuk meningkatkan dan mengoptimalkan Corporate Value untuk mendorong pengelolaan Perseroan yang profesional, transparan, dan efisien. Dengan meningkatkan prinsip-prinsip tersebut PTK dapat memenuhi kewajiban secara baik kepada Para Pemangku Kepentingan, terutama PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan induk.

Perusahaan senantiasa mengedepankan prinsip-prinsip GCG, Tata Nilai Perseroan, serta Etika Bisnis dalam menjalankan tugas dan fungsi Perseroan, baik dalam mengambil sikap dan keputusan bisnis. Hal tersebut selalu memperhatikan kepentingan Perusahaan, Pemegang Saham serta stakeholderslainnya. Perusahaan senantiasa menekankan pentingnya berpegang teguh dan berkomitmen dalam implementasi GCG secara menyeluruh kepada seluruh karyawan.

Perusahaan menandatangani pernyataan komitmen bersama Penerapan GCG Perseroan guna membuktikan kesungguhan penerapan GCG kepada seluruh karyawan yang direpresentasikan oleh tiga organ penting Perusahaan yaitu Pemegang Saham, Dewan Komisaris, dan Direksi.

 

Tujuan GCG PTK

Penerapan GCG di PTK  senantiasa mengacu kepada best practices GCG baik dalam membuat keputusan, menjalankan tindakan dengan dilandasi moral yang tinggi, patuh kepada Peraturan Perundang-undangan, dan kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders). Adapun tujuan penerapan GCG PTK adalah:

  1. Memaksimalkan nilai Perseroan.
  2. Terlaksananya pengelolaan Perseroan secara profesional dan mandiri.
  3. Dapat terciptanya pengambilan keputusan oleh seluruh Organ Perseroan yang didasarkan pada nilai moral yang tinggi dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Terlaksananya tanggung jawab sosial Perseroan terhadap seluruh stakeholders.

Pedoman GCG

Pedoman GCG disusun sebagai acuan dalam mengelola Perseroan berdasarkan prinsip GCG yang menjadi kaidah dan pedoman bagi pengurus Perseroan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Penerapan prinsip-prinsip GCG (Transparency, Accountability, Responsibility, Independency dan Fairness) diperlukan agar Perseroan dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. GCG diharapkan dapat menjadi sarana untuk mencapai visi dan misi Perusahaan.