Bulan K3 PT Pertamina Trans Kontinental

Kegiatan Sosialisasi IMS & Workshop HIRA merupakan agenda pertama dalam bulan K3 yang dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Januari 2013 yang bertempat di Ruang Serbaguna Lt. 4 Gedung PTK Pusat. Diawali dengan pemaparan sosialisasi IMS (Integrated Management System) antara ISO 9001:2008, ISM Code, dan OHSAS 18001:2007 kepada Direksi dan Tim Management, dilanjutkan untuk para Manager, Tim Key Person Implementation ISO 9001 : 2008 dan ISM Code PTK.  Tujuan sosialisasi ini untuk pengenalan manual IMS Awareness dan Workshop Hazard Identification and Risk Assesment.

Jum’at Sehat

Masih dalam rangkaian kegiatan bulan K3, pada tanggal 1 Februari 2013 yang dikoordinir oleh Fungsi QSHE PTK bekerjasama dengan Poliklinik PTK melaksanakan program pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi Tensi Darah, Gula Darah Sewaktu, Asam Urat serta Kolesterol Total bagi para pekerja PTK Kantor Pusat. Antusiasme pekerja pada kegiatan ini sungguh terlihat, sebanyak 150 pekerja pria maupun wanita, usia tua serta muda tanpa terkecuali dengan sabar menjalani antrian untuk diperiksa.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk awareness para pekerja terhadap kesehatannya dan menjadi indikator bagi pekerja dalam menjalankan pola hidup yang sehat. Bagi Fungsi QSHE sendiri sebagai fungsi incharge kegiatan ini dapat melakukan record data kesehatan para pekerja di lingkungan kantor pusat.

Seminar DK3N

Bulan Budaya K3 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan penyegaran kembali arti penting keselamatan kerja. Manager QSHE PTK, J.O Lopung didampingi Asisten Manager Quality Management, Rio Makhdevis dan Asisten Manager Health & Safety, Yusuf Wachyudi mengemukakan hal itu, kepada audience yang terdiri dari Direksi, Tim Management serta para Manager PTK kantor pusat Senin (4/2).

Kali ini, adalah pelaksanaan Seminar Budaya K3 yang disampaikan oleh Ketua Dewan K3 Nasional, Dr. Ir. Waluyo. Beliau memaparkan tentang pentingnya pelaksanaan Budaya K3 dari berbagai sudut pandang lengkap dengan contoh kasus. Waluyo mengajak seluruh insan PTK dan mitra agar benar–benar mengimplementasikan penerapan aspek K3 dalam setiap kegiatan operasi perusahaan demi kesehatan, keselamatan dan keamanan bersama sesuai dengan tema bulan K3 tahun 2013. Yakni, Let’s continue to act safely, for operational excellence.

Pada kesempatan itu pula, President Director secara lisan menyampaikan slogan K3 “saya pilih selamat”. Kiranya pemaparan tersebut dapat menggugah perilaku kita dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Kita dianjurkan untuk selalu menerapkan aspek–aspek K3 yang benar di setiap operasi, agar dapat bekerja dengan aman dan terhindar dari kecelakaan kerja. Dengan mencegah potensi terjadinya kecelakaan, seluruh insan PTK akan dapat membantu perusahaan mengurangi resiko kerugian perusahaan dalam jumlah yang lebih besar.

Training APAR untuk Tim Tanggap Darurat

Sebagai Penutup kegiatan Bulan K3 tahun 2013, Fungsi QSHE mengadakan Training APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk Tim Tanggap Darurat yang berlangsung di area Lapangan parkir Gedung PTK Pusat pada tanggal 5 Pebruari 2013. Latihan kali ini sebagai upaya untuk mengingatkan kembali kepada seluruh Tim Tanggap Darurat dalam penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang berbentuk powder dan CO2 serta pemadaman api menggunakan fire Blanket.

Dalam penutupan kegiatan Bulan K3, Manager QSHE, J.O. Lopung menyatakan bahwa K3 bukan milik Fungsi QSHE tetapi milik semua pekerja PTK. Jadi bersama-sama kita tingkatkan K3 untuk mencapai Zero Accident di PTK.