PTK Berdayakan Masyarakat Pulau Ngenang

PulauNgenang1PTK sebagai salah satu anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial Perusahaan. Tahun ini PTK kembali melaksanakan CSR di Pulau Ngenang – Batam. PTK bekerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Mayarakat Pesisir (P3MP) Mina Batam Madani Dinas Kelautan, Perikanan & Pertanian dan Kehutanan Kota Batam.

Kegiatan CSR di Pulau Ngenang – Batam telah berlangsung sejak tahun 2013. Kali ini bantuan yang disalurkan sebesar Rp 208.375.000,- untuk bantuan pemberdayaan kelompok nelayan, pembibitan dan penanaman mangrove, serta pemberdayaan kewirausahaan perempuan. Kegiatan CSR di Pulau Ngenang – Batam dimulai tanggal 17 – 20 Oktober 2017. Selama 3 hari kegiatan diisi dengan pelatihan atau bimtek untuk pemberdayaan nelayan melalui bimtek penguatan kelembagaan dan pengelolaan keuangan kelembagaan, untuk pemberdayaan perempuan diberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan menjadi nugget, krupuk, bakso hingga proses pengemasannya. Sedangkan untuk pembibitan dan penanaman mangrove diberikan pelatihan untuk pembibitan mangrove.

Direktur Pemasaran PTK, Wedi Kamaludin menyampaikan bahwa pemberian bantuan di Pulau Ngenang merupakan bentuk kepedulian PTK kepada masyarakat dengan tujuan menjaga ekosistem di Pulau Ngenang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Hadir dalam kesempatan itu Direktur PT Peteka Karya Samudera, Manager PTK Cabang Batam, Kasubdit Restorasi Kementrian Kelautan dan Perikanan, Sekretaris Dinas Kelautan Kota Batam, Camat Nongsa, Lurah Ngenang.

PulauNgenang2Bantuan yang diberikan PTK kepada kelompok nelayan berupa mesin tempel, sampan dan sarana tangkap nelayan, bantuan kepada kelompok perempuan berupa peralatan pengolahan hasil perikanan, mesin pemotong krupuk, blender, dll. Sedangkan untuk penanaman mangrove diberikan 10.000 bibit mangrove.

Bantuan yang diberikan selama ini oleh PTK telah dirasakan manfaatnya terutama untuk kelompok nelayan dimana mereka dapat mempunyai tabungan yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan. Semoga PTK dapat memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitar Perusahaan.

About the Author

Comments are closed.