PTK Partisipasi dalam MOFRC

Marketing Operation Fire Rescue Competition (MOFRC) diadakan oleh HSSE Direktorat Pemasaran PT Pertamina pada tanggal 31 Januari – 4 Februari 2016 di HSE Training Center Sungai Gerong.

Perlombaan dilaksanakan dalam rangka bulan K3 tahun 2016 dengan tujuan agar tim Organisasi Penanggulangan Keadaan Darurat (OPKD) mengetahui kondisi dan tindakan berbahaya untuk pencegahan kebakaran di area kerja, mengetahui kondisi sarana proteksi kebakaran di area kerjanya dan tujuan utamanya adalah melatih personil tim OPKD mengenai bagaimana teknik dan strategi untuk menghadapi suatu peristiwa kebakaran, dari tingkatan api yang kecil sampai besar.

Perlombaan ini terdiri dari 5 kategori yaitu Firefighter Competency Test (FCT), Pipe Rupture Fire Fighting (PRFF), Hydrocarbon Tank Fire Fighting (HTFF), Confined Space Rescue (CSR), Firefighter Combat (FFC). Sebelum perlombaan dimulai, dilakukan persiapan dan pengecekkan terlebih dahulu dari tempat perlombaan, peralatan, serta kelengkapan yang harus dikenakan oleh para peserta.

Lomba MOFRC ini diikuti oleh 13 tim yang terdiri dari seluruh MOR, Anak Perusahaan & Pertamina Shipping, masing-masing tim terdiri dari Manager, Supporting, OSC, Wakil, dan 6 anggota.Tim Penilai MOFRC ini dilakukan oleh Juri (assessor) yang terdiri dari HSSE Pusat , Korporat, Shipping, Tenaga Ahli HSE TC dan OEM (Gas Detector). Pada lomba kali ini PTK mengirimkan timnya yang terdiri dari 10 orang yang dipilih dari beberapa fungsi untuk mewakili PTK. Keikutsertaan perdana PTK tahun ini belum membuahkan hasil, namun dapat dijadikan pembelajaran kesiapsiagaan PTK dalam menghadapi keadaan darurat dan sebagai pengalaman agar pada perlombaan MOFRC yang akan datang PTK dapat lebih baik.

About the Author

Comments are closed.