Sinergi PTK dan PAG Penyediaan Armada Kapal

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) kembali men¬jalin kerja sama dengan PT Perta Arun Gas (PAG) untuk Penyediaan 4 Unit armada kapal jenis Harbour Tug di Terminal Blang Lancang, Lhokseumawe, Aceh Utara. Penandatanganan perjanjian ditandatangani oleh Direktur Utama PTK, Subagjo Hari Moeljanto dan President Director PAG, Teuku Khaidir di Kantor Perta Arun Gas, Gedung Patra Jasa, Jumat (25/11).

pagdanptk1“Ini adalah sinergi yang kedua kalinya dilakukan oleh PTK dan PAG. Sebelumnya PTK telah bekerja sama dengan PAG untuk Pengelolaan Pelabuhan Terminal Blang Lancang pada Januari 2015 lalu. Terima kasih atas kepercayaan PAG kepada PTK untuk tetap mengelola Terminal Blang Lancang dan kami berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan dalam kegiatan pengelolaan Terminal Blang Lancang” ucap Subagjo.

Dalam kerja sama kali ini PTK akan menyediakan 4 (empat) Harbour Tug untuk pengelolaan Terminal Blang Lancang dan untuk kepentingan sandar lepas kapal LNG di pelabuhan. PTK akan menunjang kegiatan usaha PT Perta Arun Gas di Terminal Blang Lancang dan kerja sama ini dilaksanakan dengan jangka waktu 15 (lima belas) tahun.

Empat Harbour Tug tersebut terdiri dari; 2 (dua) unit kapal Harbour Tug ukuran 4000 HP, 1 unit kapal Harbour Tug ukuran 5000 HP dan penyediaan 1 unit Harbour Tug dual fuel (Solar dan LNG fuel) 5000 HP yang akan siap mulai beroperasi pada tanggal 1 Maret 2019 . Dimana hal ini bisa diharapkan lebih ramah lingkungan dan ini sebagai upaya kita meningkatkan perhatian terhadap lingkungan karena LNG adalah bahan bakar yang bersih.

pagdanptk2Subagjo mengatakan melalui “Strengthening & Collaboration” dimana mengutamakan kekuatan armada dan SDM yang dimiliki PTK untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan Perusahaan di lingkungan Pertamina Group dan Perusahaan lainnya. PTK berusaha mencari dan mendapatkan peluang – peluang bisnis yang dapat menunjang kontribusi ke induk demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Teuku Khaidir meyakini PTK dapat menjalankan tugas ini dengan baik karena PTK telah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis perkapalan dan jasa maritim. Kerjasama ini merupakan kelanjutan dan peningkatan dalam pengelolaan terminal Blang Lancang.

“Performance PTK juga lebih baik dari pesaing lainnya dan harga yang ditawarkan pun sangat kompetitif sehingga inilah menjadi alasan PAG memilih PTK untuk bekerjasama. ungkapnya. Ini adalah kerjasama yang menguntungkan keduabelah pihak dan tentunya hasil kerjasama PAG dan PTK ini juga berdampak positif terhadap Pertamina,” ungkapnya.

About the Author

Comments are closed.