Tingkatkan Kesehatan Melalui Kader Posyandu

kaderposyandu1Untuk meningkatkan kemampuan kader posyandu, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) menggelar Upskill Kader Posyandu tahap II di auditorium RSPB pada tanggal 2-3 Oktober 2019. Dalam sambutannya Ari Pambudi mewakili Manager Cabang PTK Balikpapan menyampaikan bahwa Upskill kader posyandu merupakan bagian dari program Corporate Social responsibility (CSR) PTK bertajuk Pertamina Sehat. Kegiatan Upskilling ini bertujuan untuk membantu meningkatkan skill dan kemampuan kader Posyandu dalam menangani permasalahan kesehatan masyarakat melalui Germas, mulai dari keluarga, tetangga, baik tingkat RT, RW maupun Kelurahan sekaligus membentuk regenerasi kader Posyandu.

 Kegiatan Upskill kader Posyandu tahap II ini merupakan lanjutan dari Upskill kader Posyandu tahap I yang telah dilaksanakan pada 13-14 September 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 20 kader dari 10 posyandu di kelurahan Margo Mulyo, Kecamatan Balikpapan Barat. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan Arita Rizal Efendi. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan kemampuan para kader posyandu sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan stunting, mengelola kesehatan hingga pentingnya ASI eksklusif.

kaderposyandu2Hal senada juga disampaikan Direktur RSPB dr Syamsul Bahri MPH, beliau menyampaikan bahwa pelatihan untuk kader posyandu penting untuk dilaksanakan utamanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak. Termasuk dalam menurunkan angka kejadian gangguan kehamilan, kematian ibu pasca persalinan dan bayi serta pertumbuhan dan perkembangan balita yang memerlukan perhatian lebih. Untuk kedepannya, program CSR Upskill Kader Posyandu tersebut juga akan dilakukan evaluasi secara berkelanjutan, untuk mengetahui apakah materi-materi pelatihan yang telah disampaikan, sudah dipraktekkan secara baik dan benar oleh para peserta.

Semoga dengan pelatihan ini para kader posyandu punya bekal yang cukup untuk berkiprah di masyarakat dan ikut berperan menciptakan generasi penerus yang berkualitas.

About the Author

Comments are closed.